Jaminan Pembayaran Uang Muka (Advance Payment Bond)

Jaminan Pembayaran Uang Muka atau Advance Payment Bond yang diterbitkan oleh Surety Company atau Bank untuk menjamin Obligee bahwa Principal akan sanggup mengembalikan uang muka yang telah diterimanya dari Obligee sesuai dengan ketentuan yang diperjanjikan dalam kontrak, dengan tujuan adalah untuk melancarkan pembiayaan proyek.

Jika Principal gagal melaksanakan pekerjaannya dan karenanya uang muka tidak bisa dikembalikan maka Surety Company akan mengembalikan uang muka kepada Obligee sejumlah sisa uang muka yang belum dikembalikan (jumlah uang muka yang diterima Principal, dikurangi dengan cicilan/tahapan pembayaran prestasi) maksimum sebesar nilai jaminan. Jumlah uang muka yang dijamin oleg Surety Company akan berkurang sesuai dengan cicilan pengembalian uang muka yang telah dibayar oleh Principal kepada Obligee.

Adapun kesulitan Obligee dalam memotong cicilan uang muka dari Principal dalam setiap pembayaran termijn bukanlah merupakan jaminan dalam Jaminan Pembayaran Uang Muka.

Jaminan ini berlaku di Indonesia sesuai dengan Keppres RI. No. 80 tahun 2003 dimana untuk membantu para pengusaha (Principal) memperlancar pembiayaan proyek.

Besarnya nilai Jaminan Pembayaran Uang Muka adalah prosentase tertentu dari nilai kontrak proyek itu sendiri, yaitu sebesar 20% – 30% dari nilai kontrak proyek.

Apabila pada saat jatuh tempo, pembayaran uang muka tersebut belum dikembalikan oleh Principal, maka Jaminan Pembayaran Uang Muka dapat diperpanjang sesuai dengan kesepakatan antara Obligee dan Principal.

Fungsi Jaminan Pembayaran Uang MukaSebagai syarat bila Principal mengambil uang muka untuk tujuan memperlancar pembiayaan proyek yang dikerjakannyaJika Principal gagal melaksanakan pekerjaan sehingga tidak dapat mengembalikan uang muka yang telah diterimanya, maka Surety Company akan membayar kepada Obligee sebesar sisa uang muka yang belum dilunasinya.

Isi Jaminan Pembayaran Uang Muka
Janji Surety Company dan Principal untuk mengembalikan uang muka yang telah diterima Principal sebelum pekerjaan selesai, sesuai dengan kontrak yang telah ditanda tanganinya. Jika Principal telah melaksanakan pengembalian uang muka kepada Obligee, maka Jaminan Pembayaran Uang Muka otomatis berakhir.

Pada saat jatuh tempo pembayaran uang muka belum dilunasi, maka Jaminan Pembayaran Uang Muka dapat diperpanjang sesuai dengan kesepakatan Obligee dan Principal.Jika Principal lalai tidak mengembalikan uang muka, maka Surety Company akan mengganti jumlah uang tersebut, maksimum sebesar nilai jaminan yang tercantum dalam Jaminan Pembayaran Uang Muka dengan diperhitungkan tingkat prestasi kerja yang telah dicapai oleh Principal.

Pengajuan ganti rugi atas jaminan kepada Surety Company diajukan dalam jangka waktu tertentu setelah berakhirnya Jaminan Pembayaran Uang Muka.Format/contoh Jaminan Pembayaran Uang Muka (Advance Payment Bond)

Untuk informasi maupun penerbitan Jaminan Pembayaran Uang Muka (Advance Payment Bond) dapat menghubungi kami langsung.

Office

PT. SYAHELL PRIMA NUSANTARA

Jl.cipinang timur No.5 Rt.07/Rw.04 Kec.Pulo Gadung – Jakarta timur

Kontak Kami

0853-7949-4250

info.syahellprimanusantara@gmail.com

Pos Terbaru

Jasa Penerbitan Surety Bond | Di Kalimantan Tengah

Jasa Penerbitan Surety Bond | Di Kalimantan Tengah Dalam pengertian dunia keuangan dan bisnis fungsi Jaminan Penawaran (Bid/Tender Bond) adalah untuk menjamin agar rekanan/penyedia yang mengikuti tender benar-benar bertanggung jawab… atas penawaran yang di ajukannya....

Mengenal Jaminan Penawaran (Bid Bond) dan Manfaatnya Bagi Oblige

Seorang pemilik proyek atau oblige harus mengenal yang namanya jaminan penawaran (bid bond) dan mengetahui manfaatnya. Proyek dengan skala besar bisa lebih aman dengan adanya jaminan sebagai bentuk waspada. Pemilik proyek membutuhkan pekerja atau principal untuk...

Pentingnya Jaminan Pelaksanaan

jaminan pelaksanaan wajib diberikan sang penyedia saat akan ditandatanganinya kontrak pengadaan barang/jasa. pejabat pembuat komitmen tidak akan tandatangan kontrak bila jaminan penawaran belum diberikan penyedia. jaminan aplikasi bisa dikeluarkan sang bank umum,...

Bank Garansi Dalam Proyek konstruksi

Bank Garansi Dalam Proyek konstruksi. Pada proyek konstruksi, bank garansi merupakan agunan yang kerap dipersyaratkan, baik sang pemilik proyek (bowheer) kepada kontraktor atau oleh kontraktor pada subkontraktor/vendor. persyaratan bank garansi dapat dimintakan dalam...

Jasa Penerbitan Bank Garansi Dan Surety Bond

Kami merupakan Perusahaan yg bekerja di bidang Jasa penerbitan jaminan Bank Garansi dan Asuransi. Kami melayani berbagai jenis pembuatan jaminan baik buat proyek pemerintah (BUMN) juga partikelir, PROSES CEPAT, BIAYA KOMPETITIF, dan BISA TANPA AGUNAN/ COLLATERAL....

Partner